KPPU Ajak Pedagang Pasar Siap Bersaing Di Era Ekonomi Digital

Surabaya (12/12) – Kepala Kanwil IV KPPU, Dendy R. Sutrisno bersama Kepala Dinas Perdagangan Kota Surabaya, Wiwik Widayati melakukan edukasi kepada pedagang Pasar Wonokromo agar siap bersaing di Era Ekonomi Digital. Perdagagan di era ekonomi digital saat ini tidak harus mempertemukan pedagang secara langsung di tempat, tapi dapat dilakukan melalui platform aplikasi baik di handphone ataupun komputer. Berdasarkan kondisi yang dihadapi di era ekonomi digital ini, KPPU perlu mengedukasi pedagang pasar agar mempunyai posisi yang sama dalam pemahaman perdagangan online. “Dunia saat ini sudah menghadapi era baru, era digital ekonomi, oleh karena itu pedagang pasar pun harus mau untuk berubah dan berinovasi agar mampu bersaing di era baru ini”, jelas Dendy.

Pedagang Pasar hendaknya melek teknologi dan dapat bermitra dengan penyedia aplikasi marketplace online agar dapat bersaing juga di pergangan online. Hal ini karena pembeli saat ini sudah merasa nyaman dengan dibantu aplikasi perdagangan online.
“Selain penggunaan aplikasi untuk perdagangan, pedagang juga harus mampu mengemas dagangan dengan baik, entah dipandang dari segi kesehatan maupun estetika, karena pembeli sekarang sudah cukup kritis dalam membeli barang”, jelas Wiwik.
KPPU dan Dinas Perdagangan Kota Surabaya perlu membantu para pedagang pasar agar dapat memitigasi permasalahan yang dihadapi di era ekonomi digital ini yang telah banyak membantu untuk melakukan perdagangan secara online. Kedepannya pedagang pasar harus mampu bersaing dengan start up – start up baru yang sudah melek teknologi.